BREAKING

Selasa, 01 Agustus 2023

AMAN Tana Luwu Gelar Training Kepemimpinan Pengurs Daerah dan Pemuda Adat Tana Luwu

Oleh : Nirwan

 Pengurus Wilaya AMAN Tana Luwu menggelar kegiatan Training Kepemimpinan Pengurus Daerah dan Pemuda Adat selama dua hari di Villa Latuppa, Kota Palopo, Sulawesi Selatan pada 31 Juli – 1 Agustus 2023.

Training Kepemimpinan ini yang dihadiri oleh para ketua PH beserta staf dari 6 Pengurus Daerah yang terdiri dari PD AMAN Tanarigella, PD AMAN Walenrang, PD AMAN Rongkong, PD AMAN Seko, PD AMAN Rampi, PD AMAN Luwu Timur sera Pemuda Adat,  training ini bertujuan memberikan pengetahuan dan pemahaman serta penguatan kapasitas pengurus daerah serta pemuda adat yang dapat memahami tentang ideologi gerakan masyarakat adat dalam memperkuat serta mengembangkan sistim yang handal dalam melakukan pembelaan dan layanan kepada masyarakat Adat yang tanggap membela, cepat melayani, aktif melindungi.

Seperti yang di sampaikan oleh Ketua PH AMAN Tana Luwu (Irsal Hamid) dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan training ini sangat penting.

“selain menambah wawasan baru, kegiatan training ini juga sangat bermanfaat bagi progresnya agenda-agenda Pengurus Daerah ke depan,” ungkapnya sebelum membuka acara training kepemiminan pengurus daerah da pemuda adat.

Senada dengan itu, Dr. Abdul Rahman Nur, S.H, M.H selaku Tenaga ahli hukum AMAN Tana Luwu dan juga sebagai dosen di salah satu kampus yang ada di Kota Palopo yang bertugas sebagai fasilitator di dalam training tersebut, juga berharap agar supaya para peserta agar sigap dan tidak gagap dalam merespon dan merancang penyelesaian persoalan-persoalan yang terjadi di komunitas adatnya.

“setelah pertemuan ini, kita sama-sama berharap agar ilmu yang kita dapatkan bisa menjadi alat untuk memperbaiki baik organisasi secara internal maupun kondisi eksternal, seperti pemberdayaan dan kampanye Masyarakat ADAT.”

Melaui  training ini, para Pengurus Daerah dan Pemuda Adat dilatih secara langsung untuk membuat Kerang Kerja Kegiatan (KAK) atau TOR dari hasil pengamatan kondisi rill atau yang menjadi kebutuhan di masing-masing daerahnya.  Lalu kemudian hasilnya dikoreksi oleh pemateri.

Ulfa salah satu perwakilan dari PD Aman Rongkong mengatakan bahwa, “kegiatan training ini cukup memberikan bekal baru dalam pengelolaan organisasi dan penyusunan program agenda-agenda organisasi.” Ucapnya saat menyusunan Kerangka Acuan Kegiatan dalam forum.

Sementara itu, saat penulis menyambangi Ketua PH AMAN Tana Luwu (Irsal Hamid) pasca training ini telah selesai untuk mempertegas output dari kegiatan tersebut.

Beliau mengatakan bahwa, “setiap KAK atau TOR yang dikerjakan oleh peserta, akan ditindak lanjuti kedepannya.” Ungkapnya.


Penulis Jurnalis Masyarakat Adat Tana Luwu 

Nirwan 

About ""

AMAN Wil. Tana Luwu bertujuan untuk mempertahankan, mengembangkan dan memperjuangkan otonomi asli dengan nilai-nilai luhur dan penegakan hak-hak masyarakat adat di Tana Luwu yang harus diakui dan dihormati oleh masyarakat luas dan negara..
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 AMAN TANA LUWU
Design by FBTemplates | BTT